REDAKSI
image

Pimpinan Redaksi

024-3553013 HP.081 228 259 000


Koran Gelora Rakyat
Kategori

Surat Tuntutan JPU Demak Cacat Hukum

Surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum , Farah Dian Wijayanti SH,  Kejaksaan Negeri Demak , dalam sidangnya di Pengadilan Negeri Demak tanggal 27 Agustus 2012 No. Reg : PDM-85 / DMK/EP/08.12. yang menuntut terdakwa Muhammad Said alias Andi bin Bakri    yang dinyatakan bersalah  melakukan tindak pidana melarikan perempuan  belum dewasa sebagaimana yang diatur dan di ancam hukuman pidana pasal 332 ayat 1 ke-1 KUHP dan menghukum Terdakwa dengan ancaman hukuman 1 (satu) tahun penjara dengan perintah terdakwa ditahan.

 Demikian dalam naskah pembelaan Penasehat Hukum Terdakwa Muhammad Said , yang dibacakan oleh , Yoyok Machbuby, SH dari Biro Bantuan Hukum “WIJAYA KUSUMA M.Bashri , SH” dalam sidangnya di PN Demak yang dipimpin oleh Majelis Hakim di Ketuai Moh.Eri Justiansah SH, dengan Hakim Anggota masing-masing Fani Mustika Eto, SH dan Hartati SH.

 Di jelaskan oleh Yoyok, bahwa terjadi kecacatan hukum mengenai surat Tuntutan Jaksa Penuntut Umum tertanggal 27 Agustus 2012 , karena dalam uraian dakwaan , terdakwa Muhammad Said didakwa telah melakukan perjudian yang diancam hukuman pidana pasal 303 ayat 1 ke 2 KUHP , maka uraian dakwaan dalam surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum tidak sesuai dengn dakwaan awal yakni melarikan perempuan yang belum dewasa.

 Menurut Yoyok, bahwa surat tuntutan Jaksa Penuntut Umum terjadi kerancuan hukum maka batal demi hukum karena tidak dipenuhinya suatu syarat yang dianggap esensial dari isinya dalam uaraian dakwaan yang berbeda pasal yang didakwakan pada surat tuntutan dengn surat Dakwaan.

 Disamping hal tersebut Jaksa Penuntut Umum dalam surat tuntutannya telah bertententangan dengan Surat Edaran Jaksa Agung (SEJA) tanggal 27 Pebruari 1985 No.SE-002 / JA / 2 / 1985, Tentang hasil eksaminasi, mengenai uraian tuntutan pidana pada poin 3 Uraian dakwaan sebagaimana tersebut dalam surat dakwaan yang dibacakan dimuka persidangan pengadilan.

 Dalam akhir pembelaannya Yoyok Machbuby, SH menyampaikan , selain terdakwa Muhammad Said    belum dapat diyakini telah melarikan perempuan yang belum dewasa

Mengenai tuntutan Pidana (Requisitor) JPU , terdakwa dalam uraian surat dakwaan melakukan perjudian yang melanggar pasal 303 ayat 1 ke 2 KUHP hal ini tidak pernah terbukti dalam persidangan. Atas dasar keterangan saksi dan terdakwa, maka tuntutan Jaksa Penuntut Umum harus dibatalkan.

 

Selesai pembacaan surat pembelaan oleh Penasehat Hukum Terdakwa, Majelis Hakim meminta kepada , terdakwa, JPU. Dan penasehat hukum maju ke depan untuk klarifikasi Ironisnya , Jaksa Penuntut Umum Farah Dian Wijayanti , SH sebelum ditanya oleh Hakim , mengatakan bahwa Naskahnya salah ketik.(Mar)

 

 

Mon, 8 Oct 2012 @02:18

Copyright © 2014 gelorarakyat · All Rights Reserved



RSS Feed